Rabu, 30 Januari 2013

Cara Beternak Lembu

1.     LOKASI & KANDANG
Sebelum mulai berternak sapi terlebih dahulu kita harus memperhatikan tempat tinggal kita, jangan sampai bau kotoran dan suara sapi kita mengganggu tetangga kita. Untuk itu carilah tempat yang agaak jauh dari pemukiman penduduk, namun jangan terlalu jauh karena itu bisa mengundang orang yang tidak bertanggung jawab atau pencuri sapi.
Kebersihan kandang juga harus diperhatikan. Sapi adalah hewan yang sebenarnya sangat sensitif, maka untuk kesehatannya jagalah kebersihan kandangnya. Jangan biarkan kandang dalam keadaan kotor. Sedangkan untuk ukuran sekat kandang antara sapi yang satu dengan sapi yang lainnya minimal 3x5 meter.

2.     BIBIT
Setelah anda telah mendapatkan lokasi yang tepat untuk membuat kandang maka yang harus anda perhatikan yaitu dalam pemilihan bibit yang akan kita pelihara. Pilihlah sapi yang sehat dan memiliki perawakan besar, jangan pernah terkecoh oleh rayuan agen sapi karena biasanya mereka membohongi kita agar sapi mereka cepat laku terjual. Anda juga jangan terbuai dari harga sapi yang terlampau mahal, karena sekarang banyak orang yang beranggapan sapi mahal adalah sapi bagus tapi sebenarnya mereka salah besar. Sapi yang bagus bukanlah dari harga yang mahal namun ada ciri-ciri tertentu.CIRI-CIRI itu antara lain
*    Sapi/Lembu yang bagus biasanya memiliki pantat lebih lebar dari sapi-sapi lain
*    Sapi/Lembu yang bagus biasanya memiliki ekor lebih pendek
*    Sapi/Lembu yang bagus biasanya memiliki mata yang cerah & jernih
*    Sapi/Lembu yang bagus biasanya memiliki Kaki yang terlihat besar dan kuat walaupun pendek-pendek
*    Sapi/Lembu yang bagus biasanya memiliki nafsu makan yang tinggi
*    Sapi/Lembu yang bagus untuk bibit biasanya dari indukan yang bagus pula
Dari ciri di atas adalah beberapa contoh sapi yang bagus dan memiliki kualitas yang baik, walaupun tidak semua saya tuliskan namun dari beberapa ciri ini adalah ciri yang paling sering di cari karena ketepatannya.

3.     PAKAN
Untuk pakan yang bagus yaitu hijauan (Rumput), namun jika anda ingin melihat sapi anda berukuran jumbo mungkin tulisan ini dapat membantu. Untuk campuran pakan yang bagus untuk 1 ekor sapi yaitu :
*    Rumput yang dihaluskan                                  1 karung
*    Nanas/ Kulit Nanas                                           Secukupnya
*    Dedak                                                               3-5 kg
*    Pelet                                                                  4 kg
*    Air                                                                    Secukupnya
Semua Bahan tersebut di campurkan dengan di tambah air secukupnya lalu di atuk hingga rata. Jika telah jadi dapat di berikan pada sapi setiap 2 hari sekali atau bahkan setiap hari. Namun kebutuhan sapi anda mungkin lebih banyak atau mungkin lebih rendah. Sedangkan untuk makanan sehari-hari cukup di beri rumput biasa saja.
Sapi juga membutuhkan air untuk minum, dalam satu hari setidaknya satu ekor sapi memerlukan 12 L air dalam keadaan normal. Jika suhu terik pasti kebutuhan akan air juga meningkat. Untuk air yang bagus sebaiknya gunakan air yang benar-benar bersih dan bebas dari campuran logam atau mungkin racun yang tidak nbaik untuk sapi. Jangan pernah berikan sapi anda air parit yang tidak anda ketahui secara pasti ke bersihannya, karena air parit lebih sering di racun oleh anak-anak yang mencari ikan. Walaupun sapi memiliki kemampuan untuk mencium bau racun namun jika ia benar-benar kehausan maka ia tidak akan peduli lagi walaupun air itu beracun. Maka jangan sampai membiarkan sapi anda kekurangan air. Untuk menggemukkan sapi campurkanlah air dengan garam, selain garam dapat membuat sapi anda gemuk, garam juga sangat di sukai oleh sapi.

4.     PERAWATAN SAPI HAMIL (BUNTING)
Jika anda telah mengetahui sapi anda hamil maka perhatikan ia, karena jika sapi anda lebih dari satu ekor kemungkinan mereka sering bertengkar yang akan membahayakan janin yang ada di kandungan nya.lebih baik di kandangkan saja seluruh sapi anda. Selain mudah dalam perawatan sapi kandang yang hamil juga lebih aman.

5.     PERAWATAN PEDET (ANAK SAPI)
Jika sapi anda melahirkan jangan biarkan pedet anda begitu saja, karena jika tidak sering di pegang dari kecil maka kemungkinan ia tidak akan jinak kepada kita dan sulit untuk di dekati. Untuk kesahatannya jangan biarkan pedet anda hujan-hujanan. Krena ia akan masuk angin ataupun flu dan demam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar